Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Bulan Rajab Dalam Islam

Sejarah Bulan Rajab Dalam Islam. Perang tabuk (5 rajab) perang tabuk merupakan perang terakhir yang diikuti oleh nabi muhammad saw sepanjang masa kenabiannya. Menyatakan bahwa bulan rajab adalah bulan arab dan islam dalam kalender hijriyah.

Khutbah Jumat Bulan Rajab Sebagai Momentum Muhasabah Diri
Khutbah Jumat Bulan Rajab Sebagai Momentum Muhasabah Diri from islamkaffah.id

Salah satu perang yang pernah terjadi dalam sejarah islam, perang tabuk bertepatan pada bulan rajab tahun 9 hijriah atau tahun 630 masehi. Dalam islam, terdapat empat bulan haram, yakni dzulqa'dah, dzulhijjah, muharram, dan rajab. Salah satu bentuk pemuliaan yang diberikan untuk bulan rajab adalah haramnya pertumpahan darah di bulan itu untuk alasan apapun.

Pada Bulan Rajab Tahun 10 Kenabian (620 M) Terjadinya Peristiwa Isra Mi'raj.


Bulan rajab adalah bulan ketujuh dalam kalender hijriah. Sebelum islam, bulan rajab menjadi bulan yang dimuliakan pada peradaban tersebut. Dalam kata rajab ini berasal dari kata terjib, yang dalam bahasa arab menunjukkan suatu kemuliaan.

Berikut 5 Peristiwa Bersejarah Yang Terjadi Di Bulan Rajab, Dirangkum Ayoindonesia Dari Berbagai Sumber.


Pada bulan rajab, tepatnya pada tahun 14 h/635 m. Perang tabuk (5 rajab) perang tabuk merupakan perang terakhir yang diikuti oleh nabi muhammad saw sepanjang masa kenabiannya. Adapun beberapa peristiwa penting umat islam di bulan rajab di antaranya adalah sebagai berikut.

Ada Keistimewaan Lain Yang Tersemat Pada Bulan Rajab Yaitu Banyak Peristiwa Penting Dalam Sejarah Umat Islam.


Termasuk pada bulan rajab ini. Dari 9 peristiwa besar di bulan rajab, ada satu peristiwa paling agung dan bersejarah. اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ.

Bulan Rajab Berbeda Dari Bulan Suci Lainnya (Zulqadah, Zulhijah, Dan Muharram) Karena Berdiri Sendiri Di Kalender Islam.


Dalam skala intern umat islam, kita semestinya senantiasa menjaga ikatan persaudaraan dan silaturrahim demi memperkuat ketaqwaan, keimanan dan persaudaraan sesama muslim. Beberapa di antaranya adalah peperangan guna membela kaum muslim. Seperti diketahui, rajab adalah bulan ke tujuh dalam kalenderhijriyah dan merupakan salah satu bulan dari empat bulan yang dimuliakan (bulan haram) oleh allah subhanahu wa ta'ala.

2.Bulan Rajab Juga Merupakan Bulan Kemenangan Militer Rasulullah (Saw) Dalam Pertempuran Tabuk, Yang Terjadi Pada 9 H, Dan Menandai Selesainya Otoritas Islam Atas.


Kata rajab berasal dari kata tarjib, yang dalam bahasa arab, menunjukkan kemuliaan. Bulan ini jug istimewa, sebab nabi muhammad menjalankan isra' mi'raj tepat tanggal 27 di. Selain itu, ternyata, terdapat tujuh peristiwa monumental dalam sejarah islam yang terjadi di bulan ini.

Post a Comment for "Sejarah Bulan Rajab Dalam Islam"