Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanaman Obat-Obatan Sambiloto

Tanaman Obat-Obatan Sambiloto. Selanjutnya, dalam laman wikipedia bahasa indonesia disebutkan, tanaman sambiloto digunakan untuk mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni (diuretika), menurunkan panas badan (antipiretika), obat sakit perut, kencing manis, dan terkena racun. Sambiloto dapat tumbuh di semua jenis tanah sehingga tidak heran jika tanaman ini terdistribusi luas di belahan bumi.

Jenis tanaman obat asam urat yang manjur Seputar Info
Jenis tanaman obat asam urat yang manjur Seputar Info from barusip.blogspot.co.id

Pengertian tanaman obat menurut oara ahli Daun sambiloto adalah tanaman obat tradisional untuk mengobati stroke. Sambiloto dapat tumbuh di semua jenis tanah sehingga tidak heran jika tanaman ini terdistribusi luas di belahan bumi.

Jenis Tanaman Obat, Pada Umumnya Lebih Banyak Tumbuh Sebagai Tanaman Liar, Akan Tetapi Pada Saat Ini Tanaman Obat Banyak Ditanam Di Kebun Dan Dilahan Pekarangan.


Sambiloto termasuk salah satu tanaman obat unggulan indonesia selain temulawak, pegagan, mengkudu, lada, lidah buaya dan kunyit. Sebagai bahan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan kosmetik, bahan bumbu masak, peternakan dll. Sambiloto memiliki khasiatnya yang begitu banyak, hal ini dikarenakan sambiloto memiliki kandungan yang begitu lengkap.

Badan Pengawas Obat Dan Makanan (Bpom) Telah Menetapkan Sambiloto Sebagai Salah Satu Tanaman Obat Unggulan.


Sambiloto merupakan tumbuhan berkhasiat obat berupa terna tegak yang tingginya bisa mencapai 90 sentimeter. Asalnya diduga dari asia tropika. Daun sambiloto merupakan tanaman obat yang memiliki banyak senyawa kimia.

Seiring Dengan Perkembangan Zaman, Pemakaian Obat Tradisional Di Indonesia Mengalami Kemajuan Yang Sangat Pesat.


Di bawah ini ada beberapa tanaman obat dan khasiat yang dimiliki untuk mengobati. Penyebarannya dari india meluas ke selatan sampai di siam, ke timur sampai semenanjung malaya, kemudian ditemukan jawa. Senyawa tanaman flavonoid mengandung 15 atom karbon yang memiliki efek hormonal dan bersifat antiinflamasi.

Beberapa Tanaman Yang Dapat Dimanfaatkan Sebagai Pestisida Nabati Dan Digunakan Dalam Pengendalian Hama Antara Lain Adalah:


Salah satu jenis tanaman obat yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat adalah tanaman sambiloto (andrographis paniculata). Air secukupnya, dipipis, diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir. Buku saku tanaman obat keluarga dan pencegahan penyakit, juga untuk peningkatan daya tahan tubuh, serta pengembalian kesegaran yang pada akhirnya meningkatkan kesehatan masyarakat.

Salah Satu Tanaman Budidaya Yang Dimanfaatkan Adalah Bunga Rosella.


Selanjutnya, dalam laman wikipedia bahasa indonesia disebutkan, tanaman sambiloto digunakan untuk mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni (diuretika), menurunkan panas badan (antipiretika), obat sakit perut, kencing manis, dan terkena racun. Sambiloto (andrographis paniculata) mengandung zat aktif yang disebut andrografolida. Tanaman yang bermanfaat sebagai obat sangat beragam, antara lain temulawak, sambiloto, lempuyang, kunyit, kumis kucing, kapulaga, jahe, broto wali, iler, lavender, kemuning dan masih banyak tanaman lain.

Post a Comment for "Tanaman Obat-Obatan Sambiloto"